Pengumpulan data merupakan kegiatan mencari data dilapangan yang akan digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian. Ada 3 cara mengumpulkan data, yaitu wawancara (interview) : cara mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada narasumber. Kuesioner (angket) yaitu cara mengumpulkan data dengan mengirim daftar pertanyaan kepada narasumber. Observasi (pengamatan) adalah cara mengumpulkan data dengan mengamati obyek atau kejadian.
Berdasarkan cara memperoleh sumber data ada 2, yaitu data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya dan data skunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung (diperoleh
dari pihak lain)
Menyajikan data dalam bentuk tabel ada tiga macam, yaitu tabel Baris Kolom, Tabel Kontigensi, dan Tabel Distribusi Frekuensi. Menyajikan data dalam bentuk diagram ada 3, yaitu:
- Diagram batang digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek dalam kurun waktu tertentu. yang variabelnya berbentuk kategori, atau data tahunan. Sumbu datar yang menyatakan kategori atau waktu, dan sumbu tegak untuk menyatakan nilai data.
- Diagram baris digunakan untuk menyajikan data yang berkesinambungan/kontinu, misalnya, jumlah penduduk tiap tahun, hasil pertanian tiap tahun, jumlah siswa tiap tahun.Sumbu mendatar menunjukkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu tegak menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu.
- Diagram Lingkaran digunakan untuk menunjukkan data dalam dlam bagian-bagian tertentu dari keseluruhan. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian-bagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran. yang dinyatakan dalam bentuk persen (%) atau dapat pula dinyatakan dalam bentuk besar sudut.
A. Soal Pilihan ganda
1. Cara yang paling tepat untuk mengumpulkan data tentang tinggi badan siswa di kelasmu, adalah...
A. | Observasi | C. | Kuesioner |
B. | Angket | D. | Dokumrn |
2. Cara yang paling tepat untuk mengumpulkan data tentang acara televisi paling disukai di tetanggamu, adalah...
A. | Observasi | C. | Kuesioner |
B. | Angket | D. | Dokumen |
3. Cara yang paling tepat untuk mengumpulkan data tentang alat transportasi ke sekolah yang digunakan siswa di kelasmu, adalah...
A. | Observasi | C. | Kuesioner |
B. | Angket | D. | Dokumen |
4. Penyajian data yang paling tepat untuk menggambarkan keadaan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dalam kurun waktu sepekan adalah
A. | Diagram Batang | C. | Diagram Garis |
B. | Diagram Lingkaran | D. | Diagram Lambang |
5. Penyajian data yang paling tepat untuk menggambarkan nilai UAS pelajaran matematika di kelas 7A adalah
A. | Diagram Batang | C. | Diagram Garis |
B. | Diagram Lingkaran | D. | Diagram Lambang |
6. Penyajian data yang paling tepat untuk menggambarkan prosentase jenis pekerjaan orang tua siswa kelas 7 adalah
A. | Diagram Batang | C. | Diagram Garis |
B. | Diagram Lingkaran | D. | Diagram Lambang |
7. Untuk menyelesaikan soal nomor 7 – 8, perhatikan tabel berikut
Kelas | Banyaknya sISWA | |
---|---|---|
Laki Laki | Perempuan | |
7A | 14 | 16 |
7B | 15 | 16 |
7C | 11 | 18 |
7D | 12 | 16 |
7E | 15 | 18 |
7F | 17 | 19 |
Jumlah | 84 | 105 |
A. | 7A | C. | 7E |
B. | 7B | D. | 7F |
8. Selisih tertinggi siswa laki-laki dan perempuan ada di kelas......
A. | 7A | C. | 7C |
B. | 7B | D. | 7D |
9. Untuk menyelesaikan soal nomor 9 dan 10 perhatikan diagram batang di halaman berikut
Penurunan yang tinggi penjualan kendaraan di kota X terjadi pada bulan
A. | Januari-Februari | C. | Maret-April |
B. | Februari-Maret | D. | April-Mei |
10. Perhatikan diagram batang di bawah ini.
Kenaikan banyaknya kendaraan yang terjual pada bulan Maret dan Juni adalah
A. | 20 kendaraan | C. | 40 kendaraan |
B. | 30 kendaraan | D. | 50 kendaraan |
Untuk menyelesaikan soal nomor 11 – 13 perhatikan diagram batang berikut
11. Penjualan ayam tertinggi terjadi pada bulan....
A. | Januari | C. | Maret |
B. | Februari | D. | April |
12. Kenaikan penjualan daging tertinggi terjadi pada bulan
A. | Januari-Februari | C. | Maret-April |
B. | Februari-Maret | D. | April-Mei |
13. Perbedaan tertinggi penjualan ayam dan daging terjadi pada bulan....
A. | Januari | C. | Maret |
B. | Februari | D. | April |
14. Untuk menyelesaikan soal nomor 14 – 17, perhatikan gambar diagram garis berikut
Suhu badan Diva terendah terjadi pada hari
A. | Senin | C. | Rabu |
B. | Selasa | D. | Minggu |
15. Kenaikan suhu badan Diva tertinggi terjadi pada hari
A. | Senin-Selasa | C. | Rabu-Kamis |
B. | Selasa-Rabu | D. | Kamis-Jumat |
16. Penurunan suhu badan Diva tertinggi terjadi pada hari
A. | Senin-Selasa | C. | Rabu-Kamis |
B. | Selasa-Rabu | D. | Sabtu-Minggu |
17. Suhu badan Diva stabil terjadi pada hari
A. | Senin-Selasa | C. | Rabu-Kamis |
B. | Selasa-Rabu | D. | Kamis-Jumat |
18. Untuk menyelesaikan soal nomor 18 – 20, perhatikan diagram lingkaran berikut
Jika suara terbanyak menjadi ketua OSIS, maka yang menjadi ketua OSIS adalah
A. | Johan | C. | Nabila |
B. | Budi | D. | Nadiva |
19. Jika semua pemilih ada 250 siswa, banyak siswa yang memilih Hidayat adalah
A. | 30 siswa | C. | 35 siswa |
B. | 32 siswa | D. | 40 siswa |
20. Jika semua pemilih ada 250 siswa, selisih siswa yang memilih Hidayat dan Kristina adalah
A. | 2 siswa | C. | 4 siswa |
B. | 3 siswa | D. | 5 siswa |
B. Soal Uraian
1. Perhatikan diagram batang berikut
a. Tentukan banyak semua siswa laki-laki
Banyak semua siswa laki-laki adalah 84 siswa
b. Tentukan banyak semua siswa perempuan
Banyak semua siswa perempuan adalah 105 siswa,
2 Banyaknya penduduk dari satu kecamatan seperti ditunjukkan dalam tabel di bawah ini
Nama Desa | Banyaknya Penduduk | |
---|---|---|
Laki Laki | Perempuan | |
Sidomulyo | 1.250 | 1.550 |
Kedungjajang | 2.050 | 2.400 |
Sumberejo | 1.500 | 1.650 |
Arjopuro | 1.350 | 1.500 |
Sidomakmur | 1.700 | 1.950 |
Merjosari | 1.900 | 2.350 |
b. Apa kesimpulan tentang banyaknya penduduk laki-laki dan perempuan dari setiap desa?
Kesimpulan tentang banyaknya penduduk laki-laki dan perempuan dari setiap desa adalah penduduk laki-laki lebih sedikit daripada penduduk perempuan.
3. Perhatikan diagram garis berikut ini
a. Tentukan besar kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada hari Senin sampai Minggu. Kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada hari Senin sampai Minggu adalah Rp240,00
b. Tentukan besar kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada hari Rabu sampai Sabtu.
Kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada hari Rabu sampai Sabtu adalah Rp280,00
4. Dalam satu minggu banyaknya kendaraan yang melintas di jalan tol tercatat dalam tabel berikut
Hari | Banyaknya kendaraan |
---|---|
Senin | 2.550 |
Selasa | 3.500 |
Rabu | 3.000 |
Kamis | 2.100 |
Jumat | 2.050 |
Sabtu | 4.500 |
Minggu | 5.600 |
b. Tentukan persentase banyak kendaraan setiap hari dalam sepekan.
Hari | Senin | Selasa | Rabu | Kamis | Jumat | Sabtu | Minggu |
---|---|---|---|---|---|---|---|
Persentase | 11% | 15% | 13% | 9% | 9% | 19% | 24% |
Kesimpulan tentang banyaknya kendaraan yang melintas dalam sepekan di jalan tol adalah
- Volume kendaraan mengalami kenaikan pada hari Sabtu dan Minggu
- Pada hari Kamis dan Jumat tidak mengalami kenaikan
- Pada hari Kamis dan Jumat, volume kendaraan yang melintas paling sedikit dibandingkan hari yang lainnya.
5. Diagram lingkaran di samping ini menunjukkan penjualan mobil di beberapa kota besar.
a. Jika semua mobil yang terjual sebanyak 41.300, tentukan berapa banyak mobil yang terjual tiap-tiap kota?
Kota | Frekuensi |
---|---|
Jakarta | 7.800 |
Surabaya | 6.500 |
Semarang | 6.000 |
Bandung | 7.500 |
Medan | 5.500 |
Palu | 3.500 |
Denpasar | 4.500 |
Kesimpulan tentang banyaknya mobil yang terjual dari kota besar
tersebut adalah
- Penjualan paling banyak di kota Jakarta
- Penjualan mobil paling sedikit di kota Palu
6. Diketahui diagram batang tentang tinggi badan seperti di bawah ini.
Diketahui jumlah siswa adalah 126 anak.
a. Tentukan berapa banyak siswa masing-masing.
Tinggi Badan | Frekuensi |
---|---|
150 | 10 |
152 | 24 |
154 | 18 |
156 | 14 |
158 | 16 |
160 | 12 |
162 | 14 |
164 | 8 |
166 | 4 |
168 | 6 |
Jumlah siswa yang paling banyak pada tinggi badan 152 cm dan jumlah siswa paling sedikit pada tinggi badan 166 cm.
c. Tentukan ukuran tinggi badan yang banyak siswanya sama?
Ukuran tinggi badan yang banyak siswanya sama adalah 156 cm dan 162 cm.
7. Banyak siswa laki-laki dan perempuan di SD, SMP, SMA, dan SMK ditunjukkan dalam tabel di bawah ini.
Sekolah | Banyaknya Siswa | |
---|---|---|
Laki Laki | Perempuan | |
SD | 2.250 | 2.300 |
SMP | 1.750 | 2.200 |
SMA | 1.550 | 1.700 |
SMK | 1.250 | 1.400 |
Add caption |
c. Apa yang dapat kalian simpulkan dari ketiga diagram tersebut.
Kesimpulan dari ketiga diagram tersebut adalah
- Data banyak siswa lebih tepat disajikan dalam bentuk diagram batang.
- Penyajian diagram garis kurang tepat, karena bukan data kontinu atau bukan data yang berkesinambungan.
- Pada penyajian diagram lingkaran, yang disajikan prosentase, bukan banyak siswa masing- masing sekolah.
8. Selama satu tahun keuntungan toko “Rahmad” mencatat keuntungan setiap bulan sebagai berikut(dalam jutaan rupiah)
Bulan ke | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Keuntungan | 2,7 | 1,6 | 2,0 | 4,2 | 3,5 | 3,6 | 4,0 | 4,0 | 5,6 | 4,2 | 6,2 | 6,2 |
b. Berapakah keuntungan terbesar yang diperoleh Toko “Rahmad” selama 1 tahun?
Keuntungan terbesar yang diperoleh Toko "Rahmad" selama satu tahun adalah 6,2 juta.
c. Kapan Toko “Rahmad” memperoleh keuntungan yang sama selama dua bulan berturut-turut?
Toko "Rahmad" memperoleh keuntungan yang sama selama dua bulan berturut-turut: pada bulan 11 dan 12
9. Berikut ini adalah tabel berat badan seorang bayi yang dipantau sejak lahir sampai berusia 9 bulan
Usia (bulan) | 0 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Berat Badan (kg) | 2,9 | 3,2 | 4,2 | 5,7 | 6,8 | 7,6 | 7,6 | 8,1 | 8,8 | 8,6 |
b. Pada usia berapa bulan berat badannya menurun?
Berat badannya menurun pada usia 8 bulan.
c. Pada usia berapa bulan berat badannya tetap?
Berat badannya tetap pada usia 5 bulan.
10. Tabel berikut menunjukkan banyaknya siswa di suatu kabupaten
dalam bentuk diagram batang dan diagram garis.
Tingkat Pendidikan | Banyaknya Siswa |
---|---|
SD | 4.850 |
SMP | 3.850 |
SMA | 2.250 |
Jumlah | 10.950 |
b. Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai pada tingkat SMP? 35%
c. Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai pada tingkat SMA? 21&